Spesialis Keperawatan Medikal Bedah

Spesialis Keperawatan Medikal Bedah

Sri Yona, S.Kp., M.N., Ph.D.
Ketua Program Studi Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah

Program Studi Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah merupakan program studi yang dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan. Tahap pendidikan spesialis ini ditempuh dalam 2 semester dan maksimal 3 semester. Lulusan Program Studi Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah dan akan memperoleh gelar profesi Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah (Sp.Kep.MB).

Visi:

Menjadikan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebagai pusat pengembangan IPTEK Keperawatan Medikal Bedah yang peka budaya serta dapat bersaing di kancah nasional dan internasional serta berkontribusi bagi pembangunan kesehatan pada tahun 2035.

Misi:

  1. Menyediakan akses yang luas dan adil bagi masyarakat untuk mengikuti pendidikan keperawatan yang berkualitas pada berbagai jenis dan jenjang yang memiliki keunggulan dalam menangani masalah Keperawatan Medikal Bedah.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan perkembangan pelayanan kesehatan dan Keperawatan Medikal Bedah secara nasional serta global.
  3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berintelektualitas yang tinggi, berbudi pekerti luhur dan mentaati kode etik Keperawatan Indonesia sehingga mampu bersaing secara nasional dan global.
  4. Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi FIK UI.
  5. Memiliki jejaring nasional dan global untuk tercapainya Tridharma yang bermutu serta citra keperawatan yang baik.
  6. Menciptakan praktik Keperawatan Medikal Bedah berbasis fakta (Evidence Based Practice).
  7. Membina institusi dan alumni keperawatan dalam rangka meningkatkan kompetensi.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah (KMB) adalah menghasilkan lulusan yang mampu:

  1. Menerapkan ilmu keperawatan yang didasarkan pada telaah fakta (evidence based) dalam rangka meningkatkan mutu asuhan keperawatan medikal bedah.
  2. Menerapkan kinerja profesional yang ditunjukkan dengan penerapan hasil-hasil pengembangan ilmu dan teknologi keperawatan medikal bedah.
  3. Mengembangkan dan memutakhirkan ilmu keperawatan medikal bedah termasuk intervensi keperawatan dan atau terapi modalitas dalam keperawatan medikal bedah.
  4. Menyelesaikan masalah bersifat kompleks yang timbul dalam asuhan keperawatan medikal bedah.

Ners spesialis keperawatan medikal bedah yang mampu melakukan pengelolaan kasus dan memberikan asuhan keperawatan spesialistik dengan menggunakan pengetahuan terbaru dan keahlian keperawatan spesialistik secara etis, peka budaya, efektif dan professional.

Persyaratan Akademik:

  • Memiliki ijazah Magister Keperawatan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dengan peminatan Keperawatan Medikal Bedah.
  • Memiliki ijazah Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B Memiliki pengalaman kerja di klinik minimal 2 (dua) tahun dalam bidang spesialisasi yang diikuti (dihitung setelah lulus Ners)
  • Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Ners Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (dari skala 4.00)
  • Memenuhi kriteria minimum score TPA dan Bahasa Inggris sesuai ketentuan Universitas;
  • Memenuhi kriteria ujian khusus (wawancara) minimal 70.

Persyaratan Administrasi:

  • Mendaftar secara online;
  • Menggunggah dokumen terkait persyaratan akademik nomor 1 sampai dengan 5; apabila tidak menggunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi.
  • Mengisi kuesioner, dengan cara mengisi formulir dengan mengunjungi web nursing.ui.ac.id , di bagian paling atas ada menu bernama Formulir/kuesioner
  • Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas; Mengikuti Ujian Khusus (wawancara) yang diselenggarakan oleh FIK-UI

Waktu dan Tempat Perkuliahan/praktik

Program Matrikulasi
Tempat FIK-UI, Kampus UI Depok atau Salemba (khusus untuk dosen tamu)
Waktu : (3 hari/minggu) atau jadwal disesuaikan dengan pelaksanaan mata ajar semester berjalan.

Praktik Spesialis
Dilaksanakan 6 hari/minggu.
Catatan : Bagi Peserta yang berasal dari lulusan Non Universitas Indonesia bila diperlukan wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi selama 1 (satu) semester.