Spesialis Keperawatan Jiwa

Spesialis Keperawatan Jiwa

Ice Yulia Wardhani, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.J.
Ketua Program Studi Ners Spesialis Keperawatan Jiwa

Program Studi Ners Spesialis Keperawatan Jiwa merupakan program pendidikan yang dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan. Tahap pendidikan spesialis ini ditempuh dalam 2 semester dan maksimal 3 semester. Lulusan Program Studi Ners Spesialis Keperawatan Jiwa akan memperoleh gelar profesi Ners Spesialis Keperawatan Jiwa (Sp.Kep.J.).

Visi:

Tahun 2035 menjadi pusat unggulan pengembangan tindakan spesialistik keperawatan jiwa pada semua tatanan pelayanan kesehatan dengan menggunakan terapi spesialis keperawatan jiwa yang peka budaya di tingkat regional.

 

Misi:

1. Menyelenggarakan program pendidikan spesialis keperawatan jiwa yang berorientasi pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan.

2. Menyelenggarakan program pendidikan spesialis keperawatan jiwa yang mengembangkan asuhan keperawatan jiwa spesialistik berbasis bukti

3. Menyelenggarakan program pendidikan spesialis keperawatan jiwa yang mengembangkan penelitian keperawatan berorientasi pada masalah dan kebutuhan masyarakat secara nasional dan regional pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan

4. Menyelenggarakan program pendidikan spesialis keperawatan jiwa yang mengembangkan berbagai model dan inovasi pelayanan keperawatan jiwa yang efisien dan efektif berbasis bukti yang prospektif

5. Menyelenggarakan program pendidikan spesialis keperawatan jiwa yang menerapkan pelayanan dan asuhan keperawatan jiwa spesialistik dalam meningkatkan kesehatan jiwa masyarakat

 

TUJUAN

1. Menghasilkan perawat spesialis keperawatan jiwa yang mampu bekerja berdasarkan etik, legal dan peka budaya berbasis bukti pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan.

2. Menghasilkan perawat spesialis keperawatan jiwa yang mampu melakukan pelayanan keperawatan jiwa yang peka budaya pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan.

3. Menghasilkan perawat spesialis keperawatan jiwa yang mampu melakukan asuhan keperawatan berdasarkan diagnosis keperawatan pada berbagai sistem klien secara komprehensif dengan menggunakan berbagai terapi spesialistik keperawatan jiwa yang berbasis bukti.

4. Menghasilkan perawat spesialis keperawatan jiwa yang mampu berbagi pengetahuan dan pengalaman pada perawat dan tenaga kesehatan lain untuk pengembangan asuhan dan pelayanan kesehatan jiwa.

5. Menghasilkan perawat spesialis keperawatan jiwa yang mampu melakukan penelitian berorientasi pada masalah dan kebutuhan masyarakat secara nasional dan internasional pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan.

6. Menghasilkan berbagai karya ilmiah berbasis bukti yang dipublikasikan secara nasional dan internasional pada jurnal yang terakreditasi.

7. Menghasilkan perawat spesialis keperawatan jiwa yang mampu menjadi inovator yang mengembangkan berbagai model dan inovasi pelayanan keperawatan jiwa yang efisien dan efektif berbasis bukti yang prospektif untuk meningkatkan kesehatan jiwa masyarakat.

8. Menghasilkan perawat spesialis keperawatan jiwa yang mampu melakukan perubahan secara efisien dan efektif pada tatanan pelayanan kesehatan.

Ners spesialis keperawatan jiwa yang mampu melakukan pengelolaan kasus dan memberikan asuhan keperawatan spesialistik dengan menggunakan pengetahuan terbaru dan keahlian keperawatan spesialistik secara etis, peka budaya, efektif dan professional.

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah Magister Keperawatan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dengan peminatan Keperawatan Jiwa.
  2. Memiliki ijazah Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B
  3. Memiliki pengalaman kerja di klinik minimal 2 (dua) tahun dalam bidang spesialisasi yang diikuti (dihitung setelah lulus Ners)
  4. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Ners
  5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (dari skala 4.00)
  6. Memenuhi kriteria minimum score TPA dan Bahasa Inggris sesuai ketentuan Universitas;
  7. Memenuhi kriteria ujian khusus (wawancara) minimal 70.

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online;
  2. Menggunggah dokumen terkait persyaratan akademik nomor 1 sampai dengan 5; apabila tidak menggunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi.
  3. Mengisi kuesioner, dengan cara mengisi formulir dengan mengunjungi web nursing.ui.ac.id , di bagian paling atas ada menu bernama Formulir/kuesioner
  4. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas;
  5. Mengikuti Ujian Khusus (wawancara) yang diselenggarakan oleh FIK-UI

Waktu dan Tempat Perkuliahan/praktik

  1. Program Matrikulasi Tempat FIK-UI, Kampus UI Depok atau Salemba (khusus untuk dosen tamu) Waktu : (3 hari/minggu) atau jadwal disesuaikan dengan pelaksanaan mata ajar semester berjalan.

  2. Praktik Spesialis

Dilaksanakan 6 hari/minggu.

Catatan : Bagi Peserta yang berasal dari lulusan Non Universitas Indonesia bila diperlukan wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi selama 1 (satu) semester.