Sejarah

Lahirnya Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIKUI) diawali dengan dibukanya Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) yang ditubuhkan pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1985. Landasan pendirian Program Studi ini adalah karena tuntutan masyarakat yang meningkat terhadap pelayanan keperawatan profesional dan merujuk pada kebijakan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia seperti tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Pendirian PSIK merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan dan lembaga terkait lain yang pada bulan Januari 1983 telah melakukan Lokakarya Nasional Keperawatan yang menghasilkan rekomendasi untuk pengembangan tenaga keperawatan pada jenjang sarjana.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) telah ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK Dirjen DIKTI No.339/D2/1985 dan SK Dirjen DIKTI No.07/DIKTI/Kep/1986 untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan dan merupakan pendidikan tinggi di bidang keperawatan jenjang Sarjana yang pertama di Indonesia. Sesuai surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. nomor 0332/O/1995 tanggal 15 Nopember 1995, PSIK telah disyahkan menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). Dengan pengesahan ini, maka pengelolaan pendidikan tidak lagi dilakukan oleh Fakultas Kedokteran tetapi sepenuhnya oleh FIK secara independen.

Sejak awal pendirian, PSIK-FKUI menyelenggarakan dua jenis Program Strata I yaitu Program A dan Program B. Program A menerima lulusan SMU dan Program B menerima lulusan D3 Keperawatan/AKPER dengan tugas belajar dari institusi; diselenggarakan pada pagi hari. Untuk meningkatkan kesempatan bagi perawat yang bekerja tetapi memiliki keingingan mengikuti pendidikan lanjutan sambil bekerja, pada tahun akademik 1995 dibuka Program B kelas Ekstensi yang diselenggarakan pada sore hari. Lama pendidikan untuk program A selama 9 semester sedangkan program B selama 5 semester dan lulusan kedua program ini adalah Sarjana Keperawatan yang disingkat S.Kp., yang memiliki kemampuan penuh dan dapat diberi kewenangan sebagai perawat professional. Sesuai perkembangan kebijakan nasional pendidikan, sejak tahun 1998 FIK-UI menyelenggarakan program pendidikan dipisah antara tahap program akademik dan tahap program profesi. Lama studi program pendidikan akademik dirancang untuk diselesaikan dalam 8 semester untuk Program A dan 4 semester untuk Program B; sementara lama studi pendidikan profesi baik untuk Program A dan Program B adalah 2 semester. Mulai pada tahun 2000 penyebutan Program A adalah program regular dan Program B menjadi Program Ekstensi. Program Ekstensi diselenggarakan pada pagi dan sore hari. Lulusan tahap akademik adalah Sarjana Keperawatan disingkat S.Kep. dan lulusan tahap profesi adalah Ners disingkat Ns (sebutan perawat professional).

Sebagai respon terhadap kompleksitas pelayanan keperawatan yang bermutu, FIK-UI membuka program pendidikan jenjang Pascasarjana yaitu mulai tahun 1999 untuk jenjang Magister dan Spesialis dan mulai tahun 2008 untuk jenjang Doktor. Pembukaan Program Magister Ilmu Keperawatan berdasarkan urutan tahun adalah: peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan pada tahun 1999; peminatan Keperawatan Maternitas dan Spesialis Keperawatan Maternitas dan peminatan Keperawatan Komunitas dan Spesialis Keperawatan Komunitas pada tahun 2003; peminatan Keperawatan Medikal Bedah dan Spesialis Keperawatan Medikal Bedah dan pemintanan Keperawatan Jiwa dan Spesialis Keperawatan Jiwa pada tahun 2005; dan peminatan Keperawatan Anak dan Spesialis Keperawatan Anak pada tahun 2007.

Sejak tahun 1996, dosen FIK-UI dikelompokkan menjadi 4 (empat) bagian yaitu : 1) Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar; 2)Keperawatan Medikal Bedah, 3) Keperawatan Maternitas dan Anak, 4) Keperawatan Jiwa dan Komunitas. Namun sejalan dengan status UI sebagai BHMN dan dalam upaya pengembangan keilmuan keperawatan, maka pada tahun 2004 FIK-UI mengembangkan bagian menjadi 6 (enam) kelompok keilmuan keperawatan yaitu: 1) Kelompok Keilmuan Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar, 2) Kelompok Keilmuan Keperawatan Medikal Bedah, 3) Kelompok Keilmuan Keperawatan Maternitas, 4) Kelompok Keilmuan Keperawatan Anak, 5) Kelompok Keilmuan Keperawatan Jiwa, dan 6) Kelompok Keilmuan Keperawatan Komunitas. Selanjutnya pada tahun 2014 kelompok keilmuan diubah menjadi Departemen sejalan dengan berlakunya Anggaran Rumah Tangga UI tahun 2014  sehingga pada saat ini FIK UI memiliki 6 (enam) Departemen.

Penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang dikelola oleh Bagian Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar mulai dilaksanakan di kampus FIK UI Depok sejak Oktober tahun 2000. Dengan dilengkapinya pembangunan gedung FIK-UI Depok, sejak Juli 2003 hampir seluruh kegiatan memanfaatkan sarana kampus FIK dan sarana kampus UI di Depok. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan dosen tamu dari FK dan RSCM serta kegiatan ventura akademik menggunakan kampus FIK UI Salemba.

 

Sejak tahun 2012, penyelenggaraan kegiatan pembelajaran program S1 dilaksanakan di gedung Rumpun Ilmu Kesehatan bersama-sama dengan empat fakultas lainnya dalam Rumpun Ilmu Kesehatan yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan masyarakat dan Fakultas Farmasi. Hal ini sejalan juga dengan diberlakukannya kurikulum terintegrasi rumpun ilmu kesehatan yang mulai berlaku pada tahun ajaran 2012/2013. Untuk pembelajaran mahasiswa program Pascasarjana (Magister, Spesialis dan Doktor) sejak tahun 2012 telah dilaksanakan di Gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI yang berlokasi terpisah dengan Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan di Kampus UI Depok, hal ini terjadi karena Kampus FIK UI Depok yang sebelumnya menjadi lokasi pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UI.

Periode Kepemimpinan

Tabel berikut ini berisi tentang periode kepemimpinan FIK-UI sejak berdiri tahun 1985 sampai saat ini :

Periode Status Pimpinan Keterangan
1985-1989 Program Studi Ilmu Keperawatan – FKUI (PSIK-FKUI) Achir Yani Syuhaimie, MN Koordinator Program Studi
1989-1993 Program Studi Ilmu Keperawatan – FKUI (PSIK-FKUI) Tien Gartinah, MN Koordinator Program Studi
1993-1996 Program Studi Ilmu Keperawatan – FKUI (PSIK-FKUI) Achir Yani S. Hamid, D.N.Sc Koordinator Program Studi
1996-1999 Fakultas Ilmu Keperawatan-UI Prof. Dr. Azrul Azwar, dr., MPH (alm) Dekan
2000-2004 Fakultas Ilmu Keperawatan-UI Dra. Elly Nurachmah, D.N.Sc Dekan
2004-2008 Fakultas Ilmu Keperawatan-UI Prof. Dra. Elly Nurachmah, D.N.Sc Dekan
2008-2014 Fakultas Ilmu Keperawatan-UI Dewi Irawaty, M.A., PhD Dekan
2014-2018 Fakultas Ilmu Keperawatan-UI Dra. Junaiti Sahar, SKp., M.App.Sc., PhD Dekan
2018-2022 Fakultas Ilmu Keperawatan-UI Agus Setiawan, SKp., MN, DN Dekan