Tujuan FIK UI

Tujuan institusi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia :

  1. Menghasilkan Ners yang berjiwa Pancasila, mempunyai kemampuan intelektual, kemampuan profesional dan kesadaran sosial yang tinggi, berwawasan baik nasional maupun global, serta memiliki sikap kepemimpinan dan integritas pribadi.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dalam bidang kesehatan, khususnya dalam bidang keperawatan yang menopang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan, serta pembangunan nasional.
  3. Menciptakan lingkungan yang menopang keterlaksanaan belajar mandiri dan belajar seumur hidup.
  4. Menghasilkan pemikiran yang memperkokoh pengembangan watak, moral dan etika masyarakat Indonesia.
  5. Berperan serta dalam pemikiran konseptual, penyelesaian dan penanggulangan masalah kesehatan masyarakat, baik pada tingkat nasional maupun global,
  6. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan keperawatan.
  7. Meningkatkan kesempatan untuk mengadakan inovasi dalam proses pembelajaran dan pelayanan keperawatan.
  8. Meningkatkan kesempatan untuk mengadakan inovasi dalam proses pembelajaran dan pelayanan keperawatan.

Tujuan institusi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (Renstra 2014-2018) :

  1. Menyebarluaskan IPTEK keperawatan yang peka budaya serta mengupayakan penerapannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat
  2. Menciptakan komunitas keperawatan professional yang menjunjung tinggi kode etik keperawatan
  3. Menghasilkan  lulusan yang berkualitas yang memiliki kepakaran dalam perawatan perkotaan, sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan berbagai riset keperawatan yang dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu keperawatan yang peka budaya untuk menyelesaikan masalahkeperawatan perkotaan dilaksanakan baik secara mandiri maupun berkolaborsidengan mitra dalam dan luar negeri.
  5. Mendorong dan mendukung peran serta aktif sivitas akademika dalam pembangunan kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat
  6. Mewujudkan  jejaring kerjasama nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas tri-dharma dan  meningkatkan citra keperawatan secara umum  khususnya FIK UI.
  7. Mewujudkan praktik keperawatan berbasis fakta (Evidence Based Practice), sehingga keunikan keperawatan yang dilaksanakan di Indonesia akan terbangun lebih baik.
  8. Mendirikan pusat pengembangan dan pelatihan keperawatan yang memiliki reputasi nasional.