Sarjana Ilmu Keperawatan

Sarjana Ilmu Keperawatan

Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia adalah program sarjana ilmu keperawatan terbesar dan tertua di Indonesia. Program ini memiliki fokus utama dalam mempersiapkan lulusan agar dapat memberikan perawatan tingkat awal yang aman, kompeten, etis kepada individu, keluarga, dan populasi yang ragam budaya di seluruh rangkaian layanan kesehatan dan di seluruh rentang kehidupan, agar berfungsi secara efektif sebagai anggota profesi keperawatan dan sebagai anggota tim kesehatan interdisipliner, dan menggunakan praktik berbasis bukti. Pada Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan, siswa akan belajar tentang konsep dan keterampilan keperawatan di kelas dan pengaturan laboratorium.

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) sepenuhnya mengakui peran penting keperawatan dalam meningkatkan hasil kesehatan yang lebih baik untuk semua lapisan masyarakat. Untuk tujuan ini, Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan FIK UI selalu mengedepankan pendidikan keperawatan yang siap mencetak generasi perawat terbaik. Selain itu, Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan FIK UI juga memenuhi peran Tridharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Fakultas Ilmu Keperawatan juga menerima mahasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi dari daerah 3T (Tertinggal – Terdepan – Terluar) di Indonesia. Seleksi dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Visi Program Sarjana Ilmu Keperawatan

 

Mendadikan Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebagai pusat pengembangan IPTEK keperawatan yang peka budaya serta dapat bersaing di kancah nasional dan internasional serta berkontribusi bagi pembangunan kesehatan pada tahun 2035.

Misi Program Sarjana Ilmu Keperawatan

 

  1. Menyediakan akses yang luas dan adil bagi masyarakat untuk mengikuti pendidikan keperawatan yang berkualitas pada jenjang sarjana dan profesi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan perkembangan pelayanan kesehatan dan keperawatan nasional serta global.
  3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berintelektualitas yang tinggi, berbudi pekerti luhur dan mentaati Kode Etik Keperawatan Indonesia sehingga mampu bersaing secara nasional dan global.
  4. Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi program studi.
  5. Meningkatkan jejaring nasional dan global untuk tercapainya Tridharma yang bermutu serta citra keperawatan yang baik.
  6. Menerapkan praktik keperawatan berbasis fakta (Evidence Based Practice)
  7. Membina institusi dan alumni keperawatan dalam rangka meningkatkan kompetensi.
  8. Berkontribusi aktif dalam pencapaian visi Universitas Indonesia menjadi perguruan tinggi berbadan hukum yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional dan global, menuju unggulan di Asia Tenggara.

Tujuan Program Sarjana Ilmu Keperawatan

 

  1. Menyebarluaskan IPTEK keperawatan yang peka budaya serta mengupayakan penerapannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat
  2. Menciptakan komunitas keperawatan professional yang menjunjung tinggi kode etik keperawatan
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kepakaran dalam perawatan perkotaan, sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan berbagai riset keperawatan yang dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu keperawatan yang peka budaya untuk menyelesaikan masalahkeperawatan perkotaan dilaksanakan baik secara mandiri maupun berkolaborsidengan mitra dalam dan luar negeri.
  5. Mendorong dan mendukung peran serta aktif sivitas akademika dalam pembangunan kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat
  6. Mewujudkan jejaring kerjasama nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas tri-dharma dan  meningkatkan citra keperawatan secara umum  khususnya FIK UI.

Sarjana Keperawatan yang mampu memberikan asuhak keperawatan di bawah bimbingan pada klien dengan menggunakan pengetahuan dan keahlian dalam mengelola klien secara etis, peka budaya, efektif dan profesional atas dasar penguasaan keilmuan, IT dan evidence based practice dalam lingkup akademik.

FIK UI memiliki dua jenis program sarjana, yaitu :

1. Program Sarjana Reguler

Calon peserta yang dapat mendaftar pada Program Studi Sarjana Keperawatan kelas reguler adalah lulusan SMA/ SMU/ Aliyah jurusan IPA/ IPS dengan melalui jenis seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Sedangkan untuk calon peserta dari lulusan SMK dapat mengikuti jenis selesksi SIMAK UI. Kurikulum pendidikan ini dirancang menggunakan desain Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dengan beban studi 144 SKS dan dapat diselesaikan dalam 8 semester.

2. Program Sarjana Ekstensi

Program Studi Sarjana Keperawatan kelas ekstensi adalah program pendidikan jenjang strata 1. Calon peserta yang dapat mengikuti program ini merupakan lulusan D3 Keperawatan/ Akper. Kurikulum pendidikan ini dirancang menggunakan desain Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dengan beban studi 72 SKS dan dapat diselesaikan dalam 5 semester. Program Studi Sarjana Keperawatan kelas ekstensi juga diselenggarakan dalam bentuk dual mode (Pendidikan Jarak Jauh)

DESKRIPSI JALUR MASUK

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia S1 terdiri dari beberapa jalur masuk. Setiap jalur masuk merupakan kegiatan seleksi yang akan menyaring peserta terbaik untuk menjadi mahasiswa UI. Jalur masuk jenjang S1 tahun 2020, yakni:

A. Jalur Prestasi Akademik

Jalur ini dikenal dengan jalur undangan, mengingat awal mulanya penerimaan ini berdasarkan undangan yang dikirim ke sekolah-sekolah. Dengan tingginya antusias sekolah dan siswa mengikuti penerimaan berbasis seleksi nilai rapor ini, jalur undangan mengalami perkembangan. Pada S1 Reguler, Kemdikbud melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kesempatan untuk seluruh sekolah kurikulum nasional mengikuti jalur ini dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam kegiatan bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Penggunaan undangan ditiadakan, karena sekolah yang memiliki NPSN dan memenuhi syarat SNMPTN dapat mengisi data tanpa perlu mendapat undangan. Program pendidikan di UI yang menampung lulusan SMA/Sederajat tidak hanya S1 Reguler, ada pula Program Vokasi, S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional. Program pendidikan tersebut juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi rapor untuk siswa kelas 12 SMA/Sederajat. Seleksi rapor untuk Program Vokasi dan S1 Paralel disebut program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar, sedangkan seleksi rapor untuk S1 Kelas Internasional adalah Talent Scouting. Skema undangan masih digunakan, yakni mengirim surat pemberitahuan kegiatan pendaftaran ke sekolah-sekolah peserta PPKB dan Talent Scouting.

B. Jalur Ujian Tulis

Bagi siswa yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar jalur prestasi akademik, misalnya tidak masuk pemeringkatan prestasi akademik atau telah lulus tahun sebelumnya, dapat mendaftar di jalur ujian tulis. Pembatasan tahun lulus SMA/Sederajat hanya berlaku untuk S1 Reguler (maksimal 3 tahun) dan S1 Kelas Internasional (5 tahun). Sedangkan untuk Program Vokasi dan S1 paralel menerima alumi SMA/Sederajat tanpa batasan tahun lulus SMA/Sederajat. S1 Reguler tahun 2020 membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri SIMAK UI. Seleksi mandiri yang dimaksud disini bukanlah jalur mandiri yang penerimaannya lebih mahal. Biaya pendidikan S1 Reguler melalui SIMAK UI = biaya pendidikan S1 Reguler melalui SBMPTN = biaya pendidikan S1 Reguler melalui SNMPTN.

 

Siapa pun yang tertarik untuk membantu orang lain harus mempertimbangkan untuk mendapatkan gelar sarjana ilmu keperawatan. FIK UI mempersiapkan siswa untuk menjadi perawat profesional yang mampu memberikan asuhan keperawatan, memimpin masyarakat, mendidik orang, melaksanakan fungsi manajemen keperawatan dan melakukan penelitian. Mayoritas perawat bekerja di rumah sakit, tetapi beberapa juga bekerja di klinik swasta, sekolah, fasilitas perawatan, penjara, pangkalan militer dan banyak lagi. Perawat berpengalaman sering dipanggil untuk mengawasi perawat lain, mengajarkan keterampilan keperawatan kepada siswa, menangani tugas administrasi dan bahkan melakukan penelitian.

MATA KULIAH WAJIB UNIVERSITAS

MPKT A

MPKT B

MPK Bahasa Inggris

MPK Agama

MPK Olah Raga/Seni

 

MATA KULIAH WAJIB RUMPUN ILMU KESEHATAN

Ilmu Biomedik Dasar I

Ilmu Biomedik Dasar II

Etika dan Hukum dalam Bidang Kesehatan

Komunikasi Kesehatan

Kolaborasi dan Kerjasama Tim kesehatan I

Metodologi Penelitian Kesehatan

Pengelolaan Bencana

 

MATA KULIAH WAJIB FAKULTAS/ PROGRAM STUDI

Konsep Dasar Keperawatan 1

Ilmu Dasar Keperawatan (IDK)

Profesionalisme dalam Keperawatan

Konsep Dasar Keperawatan II

Keselamatan Pasien

Praktikum Komunikasi Keperawatan

Promosi Kesehatan

Keperawatan Dasar (KD)

Praktikum Keperawatan Dasar

Praktikum Promosi Kesehatan

Teknologi Informasi Keperawatan

Biostatistik

Keperawatan Jiwa I

Keperawatan Jiwa II

Praktikum Keperawatan Jiwa

Keperawatan Medikal Bedah I

Praktikum Keperawatan Medikal Bedah I

Keperawatan Medikal Bedah II

Praktikum Keperawatan Medikal Bedah II

Keperawatan Medikal Bedah III

Praktikum KMB III

Keperawatan Anak I

Keperawatan Anak II

Praktikum Keperawatan Anak

Keperawatan Maternitas I

Keperawatan Maternitas II

Praktikum Keperawatan Maternitas

Keperawatan Keluarga dan Komunitas

Praktikum Keperawatan Keluarga dan Komunitas

Keperawatan Gerontik

Praktikum Keperawatan Gerontik

Keperawatan Gawat Darurat Terintegrasi

Keperawatan Kritis Terintegrasi

Praktikum Kep. Kritis dan Gawat Darurat Terintegrasi

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Keperawatan

Kewirausahaan

Bahasa Inggris Keperawatan I

Bahasa Inggris Keperawatan II

Keperawatan Transkultural

Terapi Keperawatan Komplementer

 

MATA KULIAH SPESIAL DAN TUGAS AKHIR

Pengantar Skripsi

Skripsi

Elektif