Prosedur

Alur Layanan Administrasi Fakultas

  1. Registrasi Akademik adalah kegiatan pembimbingan, pengisian, dan pengesahan mata kuliah pada Isian Rencana Studi (IRS) melalui Sistem Informasi Akademik (SIAK-NG).
  2. Registrasi akademik dilakukan dengan melakukan pengisian rencana studi dengan mengambil mata kuliah yang dipilih melalui pertimbangan dan persetujuan PA.
  3. Mahasiswa melakukan pembayaran sesuai dengan besaran BOP yang harus dibayarkan.
  4. Nama mahasiswa tidak akan tercatat sebagai peserta mata kuliah apabila belum melakukan pembayaran.
  5. Mahasiswa yang masih memiliki tunggakan BOP pada semester sebelumnya tidak dapat melakukan registrasi akademik.
  6. Mahasiswa yang tidak melaksanakan registrasi akademik tidak dapat mengikuti kegiatan akademik pada semester berjalan dan masa studi diperhitungkan
  7. Mahasiswa yang memilih status kosong (non aktif) tidak diperbolehkan melakukan registrasi akademik dan masa studinya diperhitungkan.

 

  1. Tunda kuliah adalah kegiatan yang dapat diberikan kepada calon mahasiswa baru yang diterima pada sebuah program studi untuk menunda proses belajar mengajar dikarenakan alasan yang tepat (masalah keuangan, sakit, dan belum ada ijin belajar dari institusi).
  2. Mahasiswa yang diperbolehkan mengajukan tunda kuliah adalah mahasiswa baru Program Profesi Ners, Magister, Spesialis dan Doktor
  3. Mahasiswa baru diberi kesempatan untuk tunda kuliah apabila yang bersangkutan mengajukan permohonan dan mendapat persetujuan dari pimpinan Fakultas dan Direktorat Pendidikan Universitas Indonesia.
  4. Tunda kuliah berlaku paling lama 1 (satu) tahun sejak mahasiswa tersebut dinyatakan lulus Seleksi Ujian Masuk (SIMAK)
  5. Tunda kuliah diajukan sebelum masa registrasi administrasi mahasiswa baru berakhir
  6. Mahasiswa tunda kuliah akan mendapatkan surat persetujuan dari Direktur Pendidikan yang dipergunakan sebagai surat pengantar pada saat akan melakukan registrasi administrasi mahasiswa baru pada semester yang akan ditempuh.
  7. Mahasiswa tunda kuliah wajib melaksanakan registrasi administrasi sebagai mahasiswa baru sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh universitas.
  8. Pelaksanaan up date status tunda kuliah dilakukan oleh Direktorat Pendidikan

 

  1. Cuti akademik adalah masa tidak mengikuti kegiatan akademik untuk waktu sekurang-kurangnya satu semester dan sebanyak-banyaknya dua semester baik beruntun maupun tidak.
  2. Cuti akademik diberikan kepada mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan akademik sekurang-kurangnya 2 (dua) semester kecuali cuti dengan alasan khusus
  3. Cuti akademik diberikan sebanyak-banyaknya untuk jangka waktu dua semester, baik berurutan maupun tidak
  4. Cuti tidak dihitung sebagai masa studi
  5. Pengajuan cuti akademik diajukan oleh mahasiswa yang bersangkutan kepada Pimpinan sebelum pelaksanaan registrasi administrasi dimulai kecuali cuti dengan alasan khusus.
  6. Mahasiswa mengisi formulir permohonan yang disediakan di laman nursing.ac.id
  7. Mahasiswa berkonsultasi dengan Penasehat Akademik
  8. Cuti Akademik karena alasan khusus/sakit harus dilampirkan surat keterangan dari dokter
  9. Berdasarkan Surat Keputusan Dekan tentang cuti akademik, Divisi Pendidikan wajib memutakhirkan status mahasiswa menjadi cuti sebelum masa registrasi administrasi dimulai.
  10. Mahasiswa yang mengajukan cuti melakukan pembayaran sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari BOP semester yang berjalan dan wajib dibayarkan pada masa registrasi administrasi
  11. Apabila pengajuan permohonan cuti akademk pada saat masa registrasi berjalan atau diajukan dalam semester bejalan, pemohon tetap membayar biaya pendidikan sebesar 100 (seratus) persen
  12. Mahasiswa dapat melihat perubahan status akademik menjadi Cuti di SIAK NG

 

  1. Transfer kredit adalah pengakuan terhadap sejumlah beban studi (sks) yang telah diperoleh seorang mahasiswa pada suatu peguruan tinggi setelah melalui proses evaluasi oleh Tim Transfer Kredit pada masing-masing fakultas di lingkungan Universitas;
  2. Mahasiswa mengajukan surat permohonan transfer kredit kepada Pimpinan dengan melampirkan transkrip nilai dan/atau deskripsi mata kuliah;
  3. Proses pengajuan transfer kredit diproses apabila mahasiswa baru sudah melakukan pendaftaran di universitas;
  4. Mahasiswa yang disetujui untuk transfer kredit akan diterbitkan Surat Keputusan Dekan yang akan dipergunakan sebagai dasar untuk update mata kuliah di SIAK NG
  5. Divisi Pendidikan melakukan input mata kuliah yang disetujui untuk transfer kredit di SIAK NG
  6. Pelaksanaan verifikasi dan up date mata kuliah transfer kredit dilakukan oleh staf registrasi Direktorat Pendidikan

 

  1. Ijazah dan transkrip diberikan kepada semua mahasiswa yang telah memenuhi semua persyaratan dan dinyatakan lulus dan ditetapkan dalam rapat yudisium di tingkat Fakultas.
  2. Ijazah dan transkrip akan diberikan kepada mahasiswa apabila tidak memiliki tunggakan biaya pendidikan dan telah memenuhi kewajiban menyerahkan bukti pengunggahan tugas akhir ke perpustakaan univeristas serta sudah tidak memiliki pinjaman buku.

 

  1. Dokumen akademik terdiri dari : – Surat keterangan mencakup : surat keterangan akreditasi, surat keterangan masa studi, surat keterangan diterima (Letter of Acceptance/ LoA), surat keterangan lulus/ SKL, dan surat pengembalian ke institusi. – Legalisasi mencakup layanan legalisasi ijazah, transkrip akademik, penerjemahan ijazah dan penerjemahan transkrip
  2. Mahasiswa/lulusan agar mengajukan permohonan dokumen akademik kepada Pimpinan Fakultas dengan persyaratan : – Surat Keterangan diterima ((Letter of Acceptance/ LoA) agar melampirkan pengumuman lulus seleksi – Surat pengembalian agar melampirkan surat tugas/ijin belajar – Legalisasi Ijazah/transkrip : agar membawa ijazah/transkrip asli dan membayar biaya sesuai ketentuan

 

  • Prosedur Pengajuan Keringanan Cicilan BOP

  • Prosedur Pelaksanaan Praktik di Laboratorium

  • Prosedur Peminjaman Fasilitas

  • Prosedur Permintaan Rincian Biaya Kuliah