Profesi Ners

Program Studi Profesi Ners adalah jenis program studi profesi dasar yang merupakan satu kesatuan utuh dengan program studi Sarjana Keperawatan dimana lulusan Sarjana Keperawatan UI akan otomatis menjadi mahasiswa program studi profesi ners. Selama fase profesi ners, siswa akan menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam keluarga, komunitas, pusat kesehatan masyarakat, dan/ atau rumah sakit. Program studi ini dirancang dapat diselesaikan dalam waktu 2 semester dengan beban studi 36 SKS. Apabila peserta didik dinyatakan lulus dari program studi ini maka akan memperoleh gelar Ners

Visi

 

Menjadikan Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebagai pusat pengembangan IPTEK keperawatan yang peka budaya serta dapat bersaing di kancah nasional dan internasional serta berkontribusi bagi pembangunan kesehatan pada tahun 2035.

Misi

 

  1. Menyediakan akses yang luas dan adil bagi masyarakat untuk mengikuti pendidikan keperawatan yang berkualitas pada jenjang sarjana dan profesi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan perkembangan pelayanan kesehatan dan keperawatan nasional serta global.
  3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berintelektualitas yang tinggi, berbudi pekerti luhur dan mentaati Kode Etik Keperawatan Indonesia sehingga mampu bersaing secara nasional dan global.
  4. Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi program studi.
  5. Meningkatkan jejaring nasional dan global untuk tercapainya Tridharma yang bermutu serta citra keperawatan yang baik.
  6. Menerapkan praktik keperawatan berbasis fakta (Evidence Based Practice)
  7. Membina institusi dan alumni keperawatan dalam rangka meningkatkan kompetensi.
  8. Berkontribusi aktif dalam pencapaian visi Universitas Indonesia menjadi perguruan tinggi berbadan hukum yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional dan global, menuju unggulan di Asia Tenggara.

Tujuan

 

  1. Menyebarluaskan IPTEK keperawatan yang peka budaya serta mengupayakan penerapannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat
  2. Menciptakan komunitas keperawatan professional yang menjunjung tinggi kode etik keperawatan
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kepakaran dalam perawatan perkotaan, sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan berbagai riset keperawatan yang dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu keperawatan yang peka budaya untuk menyelesaikan masalahkeperawatan perkotaan dilaksanakan baik secara mandiri maupun berkolaborsidengan mitra dalam dan luar negeri.
  5. Mendorong dan mendukung peran serta aktif sivitas akademika dalam pembangunan kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat
  6. Mewujudkan jejaring kerjasama nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas tri-dharma dan  meningkatkan citra keperawatan secara umum  khususnya FIK UI.

Ners yang mampu Ners yang mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan menggunakan pengetahuan dan keahlian dalam mengelola klien secara etis, peka budaya, efektif dan profesional atas dasar penguasaan keilmuan, IT dan evidence based practice serta mampu membuat keputusan secara mandiri dalam berbagai tahapan asuhan keperawatan (pengkajian, perumusan diagnosis keperawatan, perencanaan, implementasi dan evaluasi).

Program Studi Profesi Ners adalah jenis program studi profesi dasar yang merupakan satu kesatuan utuh dengan program studi Sarjana Keperawatan dimana lulusan Sarjana Keperawatan UI akan otomatis menjadi mahasiswa program studi profesi ners. Saat ini, yang dapat mengikuti program studi profesi ners di Univeristas Indonesia hanya terbatas pada lulusan sarjana keperawatan di Universitas Indonesia.

Siapa pun yang tertarik untuk membantu orang lain harus mempertimbangkan untuk mendapatkan gelar sarjana ilmu keperawatan. FIK UI mempersiapkan siswa untuk menjadi perawat profesional yang mampu memberikan asuhan keperawatan, memimpin masyarakat, mendidik orang, melaksanakan fungsi manajemen keperawatan dan melakukan penelitian. Mayoritas perawat bekerja di rumah sakit, tetapi beberapa juga bekerja di klinik swasta, sekolah, fasilitas perawatan, penjara, pangkalan militer dan banyak lagi. Perawat berpengalaman sering dipanggil untuk mengawasi perawat lain, mengajarkan keterampilan keperawatan kepada siswa, menangani tugas administrasi dan bahkan melakukan penelitian.

Tab text goes here..

Konten ada di https://nursing.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/04/Biaya-Pendidikan-S1-2019.pdf