Program Studi Doktor Ilmu Keperawatan

Program Studi Doktor Ilmu Keperawatan

Program Studi Doktor Ilmu Keperawatan dibuka secara resmi pada tahun 2008 sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia No. 683/SK/R/UI/2008 tanggal 25 Juni 2008. Calon mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Keperawatan harus memiliki latar belakang pendidikan Magister Ilmu Keperawatan atau Magister Kesehatan tetapi dengan matrikulasi selama maksimal dua semester sebelum program pendidikan doktor yang diikutinya, 6-12 SKS per semester sesuai dengan Peraturan Rektor Nomor 016 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Doktor di Universitas Indonesia. Program studi Doktor Ilmu Keperawatan FIK UI adalah program studi S3 keperawatan yang pertama di Indonesia. Ciri Doktor Ilmu Keperawatan FIK UI adalah bidang ilmu keperawatan dasar, klinik, dan komunitas dengan unggulan keperawatan urban dengan jenis disiplin ilmu keperawatan yang mendukung yaitu keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan komunitas, dan keperawatan anak. Semua ilmu ini dapat dijadikan area penelitian keperawatan dalam menyelesaikan studi pada program Doktor Ilmu Keperawatan.

Program Doktor Ilmu Keperawatan dengan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan bagian dari program strategis pemerintah disumbang oleh tim layanan kesehatan dari berbagai disiplin ilmu kesehatan termasuk ilmu keperawatan. Tenaga keperawatan yang memberikan layanan kesehatan di berbagai tingkatan tatanan layanan kesehatan ini merupakan lini terdepan yang memiliki posisi penting untuk berkontribusi secara optimal sesuai keilmuannya khususnya di dalam negeri bahkan di luar negeri.

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI), sebagai institusi pendidikan keperawatan yang pertama dan tertua di Indonesia, merasa turut bertanggung jawab dalam meningkatkan layanan kesehatan di negara ini melalui pengembangan SDM, ilmu dan teknologi keperawatan. Sejak tahun 1999, FIK UI telah mampu mengembangkan pendidikan magister ilmu keperawatan dengan berbagai kekhususan dan pada tahun 2008 telah membuka Program Studi Ilmu Doktor Keperawatan dan telah terakreditasi pula dengan predikat A. Selain itu, FIK-UI memiliki peluang besar untuk menampung aspirasi perawat magister yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Doktor Ilmu Keperawatan, baik di lokasi kampus UI maupun melalui program Pendidikan Jarak Jauh bagi mereka yang terpisah karena letak geografis yang jauh dan berbagai pertimbangan lainnya. Program pendidikan jarak jauh merupakan bagian dari kegiatan program pendidikan regular. Program ini bukan merupakan program studi baru melainkan pendekatan efektif guna menjamin perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu dan relevansi, serta tata pengelolaan yang baik dan akuntabilitas pendidikan yang mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya pada kegiatan belajar Pembelajaran Jarak Jauh ini, para dosen dapat menggunakan alat komunikasi berteknologi tinggi baik secara langsung (synchronous) seperti teleconference, skype, videoconference, dan yang tidak langsung (asynchronous) misalnya melalui email dan forum diskusi dalam learning management system di samping tatap muka langsung sesuai ketentuan yang berlaku.

Visi: Menjadikan Program Pendidikan Doktor Ilmu Keperawatan FIK UI sebagai pusat pendidikan ilmuwan keperawatan dan layanan kegiatan riset keperawatan di Indonesia pada tahun 2035.

Misi:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan doktor ilmu keperawatan yang berkualitas.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan sistem pembelajaran yang memadukan teori keperawatan serta pengetahuan lainnya yang terkait agar mahasiswa dapat mengembangkan ilmu keperawatan.
  3. Melaksanakan penelitian di bidang keperawatan yang mencakup penciptaan, pengembangan, serta penerapan ilmu dan teknologi keperawatan yang dilaksanakan secara mandiri dan / atau melalui kerjasama multidisiplin.
  4. Meningkatkan kualitas staf akademik sehingga mampu mengembangkan ilmu, dan teknologi keperawatan pada skala nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil-hasil riset yang sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan.
  6. Menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang keperawatan.

Tujuan

Tujuan Umum

Dihasilkannya Doktor Ilmu Keperawatan yang berbudi luhur, peka budaya, dan mampu menghasilkan gagasan baru melalui kegiatan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu serta kemaslahatan masyarakat.

Tujuan Khusus

Dihasilkannya:

  1. Doktor ilmu keperawatan peka budaya yang memiliki kemampuan tinggi dalam riset sebagai kontribusi pada pengembangan body of knowledge keperawatan dalam bentuk karya / penemuan baru.
  2. Peneliti pakar keperawatan yang berorientasi pada pengembangan kualitas layanan keperawatan klinis yang peka budaya.
  3. Pemikiran yang dapat berkontribusi dalam pengembangan watak, moral, dan etika masyarakat Indonesia.
  4. Publikasi hasil penelitian dalam kegiatan ilmiah atau jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan internasional.
  5. Pendidik yang mampu mewujudkan pendidikan berbasis riset.
  6. Pemimpin keperawatan yang berkemampuan untuk mengembangkan ilmu keperawatan dan memengaruhi kebijakan kesehatan.
  7. Agen pembaharu yang mampu memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat melalui integrasi teori, riset dan praktik serta kualitas pendidikan keperawatan.

Doktor Ilmu Keperawatan memiliki kemampuan kognisi, psikomotor, komunikasi dan profesionalisme khusus sesuai peminatannya, mampu merancang tatalaksana pelayanan kesehatan berbasis bukti (community leader: CL), memecahkan permasalahan melalui pendekatan transdisiplin (konsultan:K), memberikan edukasi kepada mitra kerja dan masyarakat (pendidik: E) serta melakukan penelitian yang memajukan tatakelola dan pengembangan keilmuan yang bermanfaat sehingga menjadi pakar pada bidang keperawatan dan kesehatan (peneliti/ researcher: R dan agen pembaharu: AP).

Sesuai peraturan Rektor nomor 016 Tahun 2016 bahwa Program Doktor dijadwalkan untuk 6 (enam) semester dan dapat ditempuh sekurang-kurangnya dalam 4 (empat) semester atau selama-lamanya 10 semester. Bagi mahasiswa yang mengikuti program matrikulasi maksimal 2 semester, masa studi program matrikulasi tidak dihitung sebagai masa studi program pendidikan doktor yang diikutinya.

Informasi dan pendaftaran Program Studi Doktor Ilmu Keperawatan dapat di akses di simak.ui.ac.id dan penerimaan.ui.ac.id