Search
Close this search box.

Riset

Menjadi Pelatih dalam Perawatan Kesehatan Jiwa Sederhana: Pelatihan Perawatan Kesehatan Jiwa Sederhana (LIPI)

Diposting di:

3 Mei 2024

Jawa Timur, 23-26 April 2024, STAND-Indonesia menyelenggarakan sesi Pelatihan bagi Pelatih tentang Intervensi Psikologis Intensitas Rendah (LIPI) di Hotel Golden Tulip Holland Resort di Batu, Jawa Timur.

Acara ini dihadiri oleh para peneliti multidisiplin dari STAND-Indonesia, kolaborator dari berbagai lokasi — terutama yang bekerja di bidang kesehatan mental, anggota CEI STAND-Indonesia, Dokter Umum, Psikiater, Perawat, dan Ketua Kader dari 12 lokasi di Jawa.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali Ketua Kader, Perawat, Dokter, dan Psikiater dengan keterampilan yang nantinya digunakan dalam pelatihan LIPI untuk Kader di wilayah masing-masing. Selain itu, pelatihan ini juga menjadi tempat berdiskusi bersama bagaimana mengatasi tantangan yang akan ditemui dalam memberikan intervensi, dan untuk membentuk agen perubahan yang dapat berkontribusi dalam membangun sistem penerapan LIPI yang efektif.

Lilik Purwaningsih, seorang Ketua Kader yang berpartisipasi dalam pelatihan ini, berbagi pemikirannya, “Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari pelatihan ini, karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan seperti ini. Saya telah memperoleh pengetahuan berharga dan membuat teman baru dari berbagai daerah. Bertemu dengan individu cerdas dan inspiratif dari Inggris dan Indonesia langsung menjadi salah satu momen terbaik. Saya berharap ada lebih banyak sesi pelatihan yang diselenggarakan dalam bahasa yang sederhana yang sesuai dengan saya sebagai seorang Kader.”

Kesuksesan pelatihan ini dapat terwujud berkat dukungan berbagai pihak, terutama Departemen Kesehatan Jiwa di Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, dan Divisi Keperawatan, Kebidanan, dan Pekerja Sosial di Universitas Manchester. Kami berharap pelatihan ini menjadi langkah kecil namun signifikan menuju peningkatan perawatan kesehatan mental, terutama untuk kecemasan dan depresi, di Indonesia.

Bagikan artikel ini: