Search
Close this search box.

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa FIK UI Raih Prestasi Gemilang dalam Sayembara Desain Logo Ditjen Dikti Ristek

Diposting di:

16 April 2024

Dalam ajang Sayembara Desain Logo Riset Inovatif Produktif (RISPRO) Bertema Indonesia – Nanyang Technological University Singapore Institute of research for Sustainability and Innovation (INSPIRASI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek), mahasiswa Program Doktoral Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Ns. Saharuddin, S.Kep., M.Kep, meraih prestasi gemilang dengan meraih gelar juara 1.

Saharuddin, yang juga merupakan Pengurus Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) FIK UI, menunjukkan dedikasi dan ketekunannya dalam proses kompetisi ini. Dengan visi yang jelas dan kombinasi antara kerja cerdas serta ketekunan, ia berhasil menghasilkan desain logo yang memenangkan hati juri.

Dekan FIK UI, Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N, menyatakan rasa bangganya atas pencapaian Saharuddin, “Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Saharuddin pribadi, tetapi juga bagi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Ini menunjukkan kualitas dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa kami dalam berbagai bidang.”

“Prestasi ini tidak hanya mengukir nama Saharuddin dalam dunia desain, tetapi juga menjadi inspirasi bagi sesama mahasiswa untuk terus berprestasi. Selamat untuk Saharuddin atas pencapaian gemilangnya, semoga prestasi ini menjadi langkah awal untuk meraih kesuksesan yang lebih besar di masa depan.” Ujar Agus.

“Saya termotivasi dari tema utama dalam sayembara ini, yakni smart city, circular economy, dan energy. Integrasi ketiga tema ini memiliki dampak yang besar, tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga bagi dunia,” ungkap Saharuddin.

Smart City yang digambarkan melalui dua garis hijau sekaligus berbentuk Sinyal Wifi, melambangkan bentuk bangunan kota masa depan yang juga mempresentasikan konsep Smart City. Sedangkan tema Circular Economy digambarkan melalui simbol setengah lingkaran gradasi biru dan untuk yang melambangkan sistem model ekonomi yang terus bertumbuh dan mempertahankan linear ekonomi. Tema terakhir yang tak kalah penting yaitu Energy, tema ini digambarkan melalui simbol dua tangan yang menopang Energi yang berasal dari dalam tubuh manusia, sekaligus seperti menggambarkan seekor burung yang sedang terbang melambangkan inovasi yang terus berkembang bebas.

Logo yang dirancang Saharuddin akan digunakan dalam riset inovatif produktif yang melibatkan kolaborasi antara Nanyang Technological University Singapore dan Ditjen Dikti Ristek. Dalam proses pembuatan desainnya, Saharuddin memastikan untuk menggabungkan gagasan-gagasan luasnya dengan sentuhan khusus yang merefleksikan jiwa caring, yang merupakan unsur penting dalam profesi keperawatan yang diembannya.

Prestasi ini bukan hanya kebanggaan bagi Saharuddin sendiri, namun juga menjadi kebanggaan bagi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dan HMP FIK UI. “Saya sangat senang karena karya saya akan menjadi bagian dari logo utama,” tambahnya.

Bagikan artikel ini: