Magister Ilmu Keperawatan

Magister Ilmu Keperawatan


Dr. Hanny Handiyani, S.Kp., M.Kep.
Ketua Program Studi Magister Ilmu Keperawatan

Program Studi Magister Ilmu Keperawatan UI dibuka secara resmi pada tahun 1998 sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 324/DIKTI/Kep./1998 tanggal 7 September 1998. Program Studi Magister Ilmu Keperawatan menerima calon peserta yang memiliki latar belakang SKp atau Ners yang memiliki ijazah SMU jurusan IPA/ IPS. Pada awal penyelenggaraan program pendidikan ini, secara fungsional dan struktural penyelenggaraannya berada di bawah tanggung jawab Program Pascasarjana Universitas Indonesia. Namun sejak tahun 2000 sejalan dengan berubahnya UI menjadi BHMN, maka secara struktural program ini dikembalikan pengelolaannya ke Fakultas Ilmu Keperawatan UI, karena merupakan program yang bersifat mono disiplin. Sepanjang perkembangannya, Perkembangannya, Program pendidikan Magister Ilmu Keperawatan memiliki beberapa peminatan, yaitu :

  1. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan
  2. Keperawatan Medikal Bedah
  3. Keperawatan Maternitas
  4. Keperawatan Anak
  5. Keperawatan Jiwa
  6. Keperawatan Komunitas
  7. Keperawatan Onkologi
  8. Keperawatan Gerontik

Tahap pendidikan magister ini ditempuh dalam 4 semester dan maksimal 6 semester. Lulusan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan akan memperoleh gelar akademik Magister Keperawatan (M.Kep.)

Visi

Menjadikan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan sebagai pusat pengembangan IPTEK keperawatan yang peka budaya, dapat bersaing di kancah nasional dan internasional, serta berkontribusi bagi pembangunan kesehatan pada tahun 2035.

Misi

1. Menyediakan akses yang luas dan adil bagi masyarakat untuk mengikuti pendidikan magister ilmu keperawatan yang berkualitas.
2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan perkembangan pelayanan kesehatan dan keperawatan secara nasional serta global.
3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan magister ilmu keperawatan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur dan mentaati kode etik Keperawatan Indonesia sehingga mampu bersaing secara nasional dan global.
4. Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi program studi magister ilmu keperawatan FIK-UI.
5. Memiliki jejaring nasional dan global untuk tercapainya Tridharma yang bermutu serta citra keperawatan yang baik.
6. Mengembangkan praktik keperawatan berbasis bukti (Evidence Based Practice).
7. Membina institusi dan alumni magister ilmu keperawatan dalam rangka meningkatkan kompetensi.

Profil lulusan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan FIK UI yaitu magister ilmu keperawatan yang mampu mengembangkan pengetahuan dan keilmuannya dalam merancang asuhan keperawatan lanjut (advance) secara etis, peka budaya, dan profesional.

Persyaratan Akademik:

Memiliki ijazah pendidikan Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B. Calon mahasiswa ini dapat memilih peminatan/spesialis: Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak dan Keperawatan Onkologi (ijazah asli diunggah)
Lulus Uji Kompetensi Ners atau Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Ners
Memiliki pengalaman kerja di klinik minimal satu tahun dalam bidang keperawatan sesuai area peminatan/spesialisasinya dibuktikan dengan surat keterangan dari institusi klinik/kerja dimana calon tersebut bekerja (surat asli diunggah);
Bagi calon dengan biaya pendidikan mandiri, menyerahkan surat pernyataan bermeterai akan mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai peminatannya (surat asli diunggah);
Bagi calon mahasiswa tugas/ijin belajar, menyerahkan surat pernyataan dari institusi bermeterai bahwa menugaskan calon mahasiswa untuk mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai peminatannya (surat asli diunggah) ;
Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (dari skala 4.00) (transkrip asli diunggah)

Persyaratan Administrasi:

Mendaftar secara online;
Menggunggah dokumen terkait persyaratan akademik nomor 1 sampai dengan 6 ; apabila tidak menggunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi.
Mengunggah bukti akreditasi perguruan tinggi terkait persyaratan akademik nomor 1;
Seluruh dokumen digabung dalam 1 file format pdf bersama ijasah atau bersama transkrip nilai. Kemudian diunggah dalam menu unggah ijasah dan transkrip nilai.
Mengisi kuesioner, dengan cara mengisi formulir dengan mengunjungi web nursing.ui.ac.id , di bagian paling atas ada menu bernama Pendaftaran, S2-Kuesioner atau dengan link : http://tiny.cc/FormS2-Kuesioner
Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia;
Mengikuti ujian peminatan yang diselenggarakan oleh FIKUI.

Waktu dan Tempat Perkuliahan :

Tempat : FIK-UI, Kampus UI Depok atau Salemba (khusus untuk dosen tamu)
Waktu : 5 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00

Layanan ini digunakan untuk mempermudah pengelolaan kegiatan administrasi di prodi Magister dalam setiap kesempatan. Mahasiswa yang mengajukan permohonan layanan administrasi (dokumen) dapat mengisi form berikut dan mengunggah Formulir Bukti Permohonannya

Permohonan Surat
Mahasiswa yang akan melakukann permohonan dokumen surat studi pendahuluan, ijin penelitian, uji instrumen lakukan prosedur berikut ini:

  1. Mengunduh Formulir Permohonan Surat:
    https://bit.ly/FormPermohonanSuratS2FIKUI
  2. Mengisi link gform berikut:
    https://bit.ly/GformPermohonanSuratS2FIKUI
  3. Mencetak dan mengisi formulir permohonan surat, serta ditandatangani.
  4. Unggah (upload) formulir permohonan surat yang telah ditandatangan sebagai bukti permohonan:
    https://bit.ly/UnggahPermohonanSuratS2FIKUI

Pendaftaran ujian seminar proposal, seminar hasil dan sidang tesis

Mahasiswa yang akan melakukann ujian seminar proposal dan sidang tesis, lakukan prosedur berikut ini:

  1. Mengisi form persiapan ujian seminar proposal disini
    https://bit.ly/FormSeminarProposalS2FIKUI
  2. Mengisi form ini setelah melakukan seminar hasil
    https://bit.ly/FormSeminarHasilFIKUI
  3. Mengisi form persiapan sidang tesis disini
    https://bit.ly/FormSidangTesisS2FIKUI
  4. Mencetak dan mengisi formulir permohonan surat, serta ditandatangani