Program Studi Doktor Keperawatan

Program Studi Doktor Keperawatan

Akreditasi dari BAN-PT untuk Program studi Doktoral

sertifikat_ban-pt-program-s3

Akreditasi dari LAM-PTKes untuk Program Studi Doktoral

Program Studi Doktor Keperawatan dibuka secara resmi pada tahun 2008 sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia No. 683/SK/R/UI/2008 tanggal 25 Juni 2008. Calon mahasiswa Program Studi Doktor Keperawatan harus memiliki latar belakang pendidikan Magister Keperawatan atau Magister Kesehatan tetapi dengan matrikulasi selama maksimal dua semester sebelum program pendidikan doktor yang diikutinya, 6-12 SKS per semester sesuai dengan SK Rektor No. 1065/SK/R/UI/2009 tentang matrikulasi bagi program Magister dan Doktor di Universitas Indonesia.

Program studi Doktor Keperawatan FIK UI adalah program studi S3 keperawatan yang pertama di Indonesia. Ciri Doktor Keperawatan FIK UI adalah bidang ilmu keperawatan dasar, klinik, dan komunitas dengan unggulan keperawatan urban dengan jenis disiplin ilmu keperawatan yang mendukung yaitu keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan komunitas, dan keperawatan anak. Semua ilmu ini dapat dijadikan area penelitian keperawatan dalam menyelesaikan studi pada program Doktor Keperawatan.

 

VISI DAN MISI

Visi: Menjadikan Program Pendidikan Doktor Keperawatan FIK UI sebagai pusat pendidikan ilmuwan keperawatan dan layanan kegiatan riset keperawatan di Indonesia pada tahun 2035.

Misi:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan doktor keperawatan yang berkualitas.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan sistem pembelajaran yang memadukan teori keperawatan serta pengetahuan lainnya yang terkait agar mahasiswa dapat mengembangkan ilmu keperawatan.
  3. Melaksanakan penelitian di bidang keperawatan yang mencakup penciptaan, pengembangan, serta penerapan ilmu dan teknologi keperawatan yang dilaksanakan secara mandiri dan / atau melalui kerjasama multidisiplin.
  4. Meningkatkan kualitas staf akademik sehingga mampu mengembangkan ilmu, dan teknologi keperawatan pada skala nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil-hasil riset yang sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan.
  6. Menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang keperawatan.

 

TUJUAN

Tujuan Umum

Dihasilkannya Doktor Keperawatan yang berbudi luhur, peka budaya, dan mampu menghasilkan gagasan baru melalui kegiatan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu serta kemaslahatan masyarakat.

Tujuan Khusus

Dihasilkannya:

  1. Doktor keperawatan peka budaya yang memiliki kemampuan tinggi dalam riset sebagai kontribusi pada pengembangan body of knowledge keperawatan dalam bentuk karya / penemuan baru.
  2. Peneliti pakar keperawatan yang berorientasi pada pengembangan kualitas layanan keperawatan klinis yang peka budaya.
  3. Pemikiran yang dapat berkontribusi dalam pengembangan watak, moral, dan etika masyarakat Indonesia.
  4. Publikasi hasil penelitian dalam kegiatan ilmiah atau jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan internasional.
  5. Pendidik yang mampu mewujudkan pendidikan berbasis riset.
  6. Pemimpin keperawatan yang berkemampuan untuk mengembangkan ilmu keperawatan dan memengaruhi kebijakan kesehatan.
  7. Agen pembaharu yang mampu memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat melalui integrasi teori, riset dan praktik serta kualitas pendidikan keperawatan.

 

MASA STUDI

Sesuai dengan ketentuan tentang masa studi program pendidikan doktor, masa studi (n) program studi Doktor Keperawatan adalah 6 semester dan maksimal 1.5 n (9 semester). Bagi mahasiswa yang mengikuti program matrikulasi maksimal 2 semester, masa studi program matrikulasi tidak dihitung sebagai masa studi program pendidikan doktor yang diikutinya.

 

KURIKULUM

Menurut ketentuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, lulusan prodi doktor harus memenuhi standar level 9.

Kompetensi utama:

  1. Melakukan penelitian dasar dan terapan dalam bidang keperawatan, menghasilkan model/teori dan teknologi keperawatan yang bermanfaat untuk kemaslahatan manusia Indonesia.
  2. Mendidik orang lain sesuai kepakaran dalam bidang ilmunya.
  3. Mengelola sumber daya dalam bidang keilmuannya secara adil dan transparan.
  4. Menerapkan pendekatan tingkat lanjut melalui teknologi dan keilmuan keperawatan tingkat lanjut dalam menyelesaikan masalah kesehatan klien.

Kompetensi pendukung:

  1. Menjadi yang terdepan dalam bidang kerjanya.
  2. Menerapkan teori/model keperawatan untuk meningkatkan kualitas diri dan orang lain dalam bidang kerjanya.

Kompetensi lainnya:

  1. Kemampuan berwirausaha yang kreatif.
  2. Berkomunikasi dalam bahasa asing selain bahasa Inggris.

Mata kuliah dasar pendidikan doktor seperti filosofi dan metodologi ilmiah akan menjadi titik awal keterkaitan ilmu keperawatan melalui metodologi keperawatan dengan ilmu-ilmu lain yang relevan. Penempatan mata kuliah satu dengan lainnya mencirikan penumbuhan kemampuan untuk mandiri terutama dalam kaitannya dengan kemampuan untuk memiliki kompetensi yang diharapkan. Pencantuman mata kuliah pilihan yang tersedia dalam struktur kurikulum tidak terbatas pada mata kuliah pilihan yang disediakan namun diberikan kebebasan pada mahasiswa untuk memilih mata kuliah lain baik di lingkungan UI atau di luar UI yang dapat memberi kesempatan mereka mengembangkan diri.

 

Program Doktor Keperawatan dengan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan bagian dari program strategis pemerintah disumbang oleh tim layanan kesehatan dari berbagai disiplin ilmu kesehatan termasuk ilmu keperawatan. Tenaga keperawatan yang memberikan layanan kesehatan di berbagai tingkatan tatanan layanan kesehatan ini merupakan lini terdepan yang memiliki posisi penting untuk berkontribusi secara optimal sesuai keilmuannya khususnya di dalam negeri bahkan di luar negeri.

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI), sebagai institusi pendidikan keperawatan yang pertama dan tertua di Indonesia, merasa turut bertanggung jawab dalam meningkatkan layanan kesehatan di negara ini melalui pengembangan SDM, ilmu dan teknologi keperawatan. Sejak tahun 1999, FIK UI telah mampu mengembangkan pendidikan magister ilmu keperawatan dengan berbagai kekhususan dan pada tahun 2008 telah membuka Program Studi Doktor Keperawatan dan telah terakreditasi pula dengan predikat A. Selain itu, FIK-UI memiliki peluang besar untuk menampung aspirasi perawat magister yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Doktor Keperawatan, baik di lokasi kampus UI maupun melalui program Pendidikan Jarak Jauh bagi mereka yang terpisah karena letak geografis yang jauh dan berbagai pertimbangan lainnya. Program pendidikan jarak jauh merupakan bagian dari kegiatan program pendidikan regular. Program ini bukan merupakan program studi baru melainkan pendekatan efektif guna menjamin perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu dan relevansi, serta tata pengelolaan yang baik dan akuntabilitas pendidikan yang mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya pada kegiatan belajar Pembelajaran Jarak Jauh ini, para dosen dapat menggunakan alat komunikasi berteknologi tinggi baik secara langsung (synchronous) seperti teleconference, skype, videoconference, dan yang tidak langsung (asynchronous) misalnya melalui email dan forum diskusi dalam learning management system di samping tatap muka langsung sesuai ketentuan yang berlaku.

  1. Beban Studi dan Struktur kurikulum
No Jenis Mata Ajar Sks Persentase
i Mata Kuliah Dasar Umum 11 22 %
ii Mata Kuliah Dasar Khusus 8 16 %
iII Mata Kuliah Pilihan/Elektif 3 6 %
Iv Mata Kuliah Disertasi 28 56 %
Total 50 100 %
Jumlah Total SKS hingga Kelulusan 50 SKS

 

Mata Kuliah Dasar Umum (MDU)

Kode MA Mata Kuliah SKS
NSIK900101 Falsafah Ilmu dan Metodologi Ilmu Pengetahuan 3
NSIK900102 Statistik I 2
NSIK900103 Statistik II 2
NSIK900104 Metodologi Penelitian  I 2
NSIK900105 Metodologi   Penelitian II 2

 

Mata Kuliah Dasar Khusus (MDK)

Kode MA Mata Kuliah SKS
NSIK900201 Kepemimpinan Doktoral 2
NSIK900202 Pengembangan Kebijakan Kesehatan/ Keperawatan 3
NSIK900203 Pengembangan Teori Keperawatan 3

 

 

Mata Kuliah Keahlian Umum Doktor Keperawatan (MKU)

Kode MA Mata Kuliah SKS
Elektif ( M.A pilihan) 3

 

 

Mata Kuliah Penerapan Akademik Bidang Peminatan (MPA)

Kode MA Mata Kuliah SKS
NSIK900301 Seminar Proposal 6
NSIK900302 Publikasi Ilmiah 8
NSIK900303 Seminar Hasil 8
NSIK900304 Promosi 6

 

Tabel Struktur Kurikulum Program Studi Doktor Keperawatan

SEMESTER I SEMESTER II
KODE MATA KULIAH SKS KODE MATA KULIAH SKS
WAJIB
NSIK900101 Falsafah Ilmu & Metodolongi Ilmu Pengetahuan 3 NSIK900201 Kepemimpinan Doktoral 2
NSIK900102 Statistik I 2 NSIK900202 Pengembangan Kebijakan Kesehatan/ Keperawatan 3
NSIK900103 Statistik II 2 NSIK900203 Pengembangan Teori Keperawatan 3
NSIK900104 Metodologi Penelitian I 2
NSIK900105 Metodologi Penelitian II 2
Jumlah 11 Jumlah 8
MK Elektif 0 Mk Elektif 3
Jumlah sks semester I 11 Jumlah sks semester II 11
SEMESTER III SEMESTER IV
KODE MATA KULIAH SKS KODE MATA KULIAH SKS
WAJIB
NSIK900301 Seminar Proposal 6 NSIK900302 Publikasi Ilmiah 8
Jumlah 6 Jumlah 8
Jumlah sks semester III 6 Jumlah sks semester IV 8
SEMESTER V SEMESTER VI
KODE MATA KULIAH SKS KODE MATA KULIAH SKS
NSIK900303 Seminar Hasil 8 NSIK900304 Promosi 6
Jumlah 8 Jumlah 6
Jumlah sks semester V 8 Jumlah sks semester VI 6

Download Hasil Akreditasi BAN-PTBrosur Program S3 FIK UI dan Biaya Pendidikan